Tingkatkan Penjualan Produk Melalui Desain Sebuah Kemasan

Sebuah produk tidak dapat terlepas dari kemasan. Penggunaan kemasan yang baik akan menjadi efektif apabila disatukan dengan produk secara tepat. Kemasan juga menjadi nilai penting bagi sebuah brand recognition dari suatu produk. Hal inilah yang membuat para produsen senantiasa berinovasi dan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah kemasan terbaik yang dapat menarik perhatian para konsumen. Terutama pada era globalisasi saat ini dimana persaingan industri semakin ketat sehingga memaksa para produsen untuk memiliki sebuah produk yang unggul dan bernilai lebih dibandingkan produk lainnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh produsen agar dapat bertahan di tengah pasar yang kompetitif ini ialah melalui penggunaan kemasan yang menarik dan berkualitas. Sebab, kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen dalam memilih suatu produk. Menurut hasil penelitian Bo Rundh dalam literatur yang berjudul “How Packaging is Influencing the Marketing Strategy”, kemasan dapat menarik perhatian konsumen terhadap merek tertentu, meningkatkan citra, dan merangsang persepsi konsumen tentang produk. Oleh karena itu, produsen perlu memperhatikan kemasan untuk menambah nilai jual dan mewakili brand dari produknya.

Dengan membuat kemasan produk yang menarik, maka akan berdampak besar terhadap ketertarikan pelanggan sehingga meningkatkan penjualan produk. Saat ini produk yang ada di pasaran pun semakin banyak jumlah dan jenisnya, sehingga produsen membutuhkan pembeda antara satu produk dengan produk lainnya, apalagi jika produk tersebut memiliki jenis yang sama. Namun, desain kemasan dapat menjadi salah satu pembedanya. Tidak hanya itu, desain sebuah kemasan juga dapat menjadi sebuah identitas dan ciri khas dari sebuah produk. Bahkan dari sebuah desain kemasan, para produsen mampu membuat konsumen jatuh cinta terhadap produknya sebelum mencobanya.

Melalui sebuah kemasan anda juga dapat mencantumkan beragam informasi seperti merek produk, tanggal kadaluarsa, kandungan gizi, komposisi, cara penggunaan, serta alamat dan keterangan produsen. Untuk pemilihan kemasan sendiri tergantung dari produk apa yang akan dijual. Misalkan untuk produk makanan, biasanya produsen menggunakan kemasan plastik atau carton box. Sebelum memilih kemasan yang akan digunakan untuk produk anda, sebaiknya anda mengenali lebih dulu kelebihan dan kekurangan dari produk anda. Selain itu, terdapat hal-hal lain yang perlu diperhatikan ketika menentukan desain kemasan yang akan digunakan. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam menentukan desain kemasan agar dapat meningkatkan penjualan produk anda:

  1. Menentukan Target Pemasaran

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk anda, langkah selanjutnya yang anda harus lakukan adalah mengenali konsumennya. Penetuan dari target market atau target pemasaran ini akan menentukan jenis dan model kemasan yang sesuai. Misalnya saja produk yang akan dijual ke anak-anak, remaja, dan orang tua tentunya akan memiliki desain kemasan yang berbeda. Jika salah dalam memilih suatu desain kemasan atau tidak sesuai dengan target maka tentunya tidak akan membuat penjualan produk meningkat.

  • Menonjolkan Ciri Khas

Untuk menjadikan produk anda berbeda dan lebih menonjol dibandingkan dengan produk lainnya tentunya anda harus membuat desain kemasan yang memiliki ciri khas tersendiri. Produk yang terlihat lebih eye catching akan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli. Untuk membuat sebuah desain kemasan yang menarik tidaklah harus memasang budget yang mahal, cukup dengan mengembangkan kreativitas anda dalam berinovasi. Selain desain yang unik, anda juga perlu membuat kemasan yang fungsional dan dapat memberikan emosional positif secara visual bagi konsumen.

  • Memiliki Nilai Ergonomis

Meski telah membuat kemasan dengan desain unik, menarik dan eye catching, namun kemasan juga tetap perlu memiliki nilai ergonomis. Apabila nilai ergonomisnya kurang maka konsumen dapat beralih ke produk lain yang lebih nyaman untuk mereka gunakan dan konsumsi. Kenyamanan dari penggunaan suatu produk merupakan salah satu hal penting yang paling dicari oleh para konsumen. Biasanya kemasan yang ergonomis dinilai dari packaging yang praktis, mudah dibawa, dan lain-lain.

  • Menyesuaikan Ukuran

Dalam mengemas atau membungkus suatu produk, usahakan untuk selalu mengukur dan menyesuaikan ukuran antara kemasan dan produk tersebut. Jika produknya berukuran kecil dan kemasannya terlalu besar maka akan membuat konsumen merasa tidak nyaman dan nilai ergonomisnya pun berkurang. Selain itu, ukuran yang tidak sesuai juga dapat berdampak pada pemborosan budget atau pengeluaran anda sebagai produsen.

Kemasan sebuah produk memiliki beragam fungsi. Selain meningkatkan kualitas serta merek sebuah produk agar semakin dikenal dan dipercaya oleh konsumen, kemasan juga berfungsi untuk menjaga kualitas barang yang ada di dalamnya. Dengan adanya kemasan, produk akan aman dari kerusakan yang terjadi baik dari luar maupun dari dalam, sehingga suatu produk akan tetap terjaga kualitasnya dari mulai proses pengiriman sampai berada di tangan konsumen. Sebagai sebuah produsen, membuat kemasan berkualitas merupakan sebuah investasi bagi produk anda. Investasi dalam membuat kemasan berkualitas tinggi akan menarik keyakinan pelanggan bahwa mereka telah membeli sesuatu yang bernilai tinggi.

Mengapa sebuah kemasan dari sebuah produk itu penting? Karena kemasan menjadi kesan pertama dari sebuah produk yang akan diterima oleh konsumen. Bahkan dari sebuah kemasan, anda dapat membuat konsumen menjadi pelanggan setia dari produk anda. Ingin membuat kesan terbaik untuk produk anda? Konsultasikan segera kebutuhan carton box anda dengan FANFEIF sebagai penyedia packaging custom box yang terpercaya. Untuk solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan anda dengan kemasan yang berkualitas:

PT. FANFEIF

ANAK NUSANTARA KARTON
Jl. Mawar RT/RW 003,006

Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya

Bekasi, Indonesia

Telephone:

(021) 8262 6715

0821 1202 0122

Email: fanfeifkarton@yahoo.com

Tidak hanya menjadikan produkmu sebagai ikon, kami juga akan memberikan kesan terbaik bagi kemasan produk anda.

Sumber:

  1. Ngalup.co: Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Kemasan Produk Yang Baik.
  2. Accurate: Desain Produk Yang Menarik Bantu Tingkatkan Penjualan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *