Pada artikel sebelumnya, FANFEIF telah memberikan tips-tips untuk memilih warna yang tepat dalam membuat desain kemasan. Nah, sebelum menentukan warna yang tepat untuk kemasan anda, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu psikologi warna terutama dalam dunia bisnis. Psikologi warna merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari serta mengidentifikasi persepsi manusia terhadap warna benda yang ada di alam atau sekitarnya. Dalam studi ini akan dibahas bagaimana warna dapat mempengaruhi pandangan dan perilaku manusia. Warna sendiri dinilai dapat memberikan dampak terhadap emosi, psikologi, perilaku dan cara bertindak manusia.
Dalam dunia bisnis, terutama dalam hal branding, psikologi warna melihat bagaimana sebuah warna dari suatu brand dapat mempengaruhi kesadaran, pengalaman, hingga keputusan konsumen dalam memilih suatu produk. Bahkan menurut sebuah penelitian, hampir 93% konsumen menempatkan estetika dan warna kemasan di atas faktor lainnya ketika berbelanja. Sedangkan 80% konsumen rata-rata mengenal sebuah brand dari warna khas sebuah kemasan. Hal-hal tersebut menjadi alasan mengapa produsen makanan menggunakan warna-warna tertentu dalam membuat kemasan. Namun, apakah benar warna menjadi salah satu faktor penting dalam membangun persepsi konsumen terhadap brand anda?
Dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006, dikatakan bahwa hubungan warna dan brand sebenarnya bergantung pada persepsi dan pengalaman masing-masing orang. Contohnya, seseorang yang menyukai warna kuning maka cenderung akan memilih brand berwarna kuning. Umumnya, manusia juga mempersepsikan perilaku mereka dengan warna. Misalkan ketika anda ialah orang yang menyenangkan, mudah bergaul, dan juga periang, maka anda cenderung memposisikan diri anda dengan warna tertentu. Selain selera dan perilaku manusia, faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, dan budaya juga dapat mempengaruhi cara seseorang memandang warna.Bagi sebuah perusahaan, warna merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang digunakan para marketer untuk memberikan pesan secara cepat dan tepat kepada orang yang melihatnya. Selain itu, warna juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding, penjualan dan pemasaran perusahaan. Hal ini dikarenakan warna dipercaya memiliki potensi dan kekuatan untuk mempengaruhi psikologi seseorang. Maka dari itu, psikologi warna dapat dimanfaatkan dalam pengembangan bisnis yang sedang dijalankan, terutama dalam hal branding dan marketing. Dengan mempelajari psikologi warna dan menerapkan teknik pemilihan warna untuk identitas brand yang tepat, maka perusahaan dapat memiliki manfaat-manfaat sebagai berikut:
1. Meningkatkan Pengenalan Merek dan Menjadi Identitas Produk
Saat anda sedang berbelanja dan mencari suatu produk dengan merek yang biasa anda beli, pada umumnya anda akan melihat berdasarkan warnanya terlebih dahulu. Anda mungkin kesulitan untuk mengingat logo, namun pasti anda mengingat warna dari brand tersebut. Maka tidak heran, dalam sebuah branding, warna dijadikan alat identifikasi produk oleh produsen terhadap konsumen. Besarnya persentasi kegunaan warna dalam memberikan pengenalan merek yakni hingga 80% pun membuat banyak produsen berkonsultasi dengan psikolog warna atau ahli branding agar menemukan warna yang menarik untuk digunakan dalam membuat merek.Pemilihan warna penting untuk dilakukan sebab warna yang dipilih nantinya akan menjadi pembeda antara produk anda dengan produk milik orang lain. Bahkan produsen yang telah menemukan warna menarik akan mencari perlindungan atas nama merek ataupun identitas warna melalui merek dagang agar tidak dicuri atau ditiru oleh perusahaan lain. Ketika menentukan warna yang akan digunakan sebaiknya dilakukan analisa terhadap brand pesaing lain yang memiliki produk sejenis. Terutama dalam membuat brand baru, anda perlu memastikan untuk menggunakan warna berbeda dengan produk yang sudah ada.
2. Mengidentifikasi demografis target pasar
Warna dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesesuaian produk dengan target pasar melalui demografis yang meliputi usia dan jenis kelamin. Contohnya, jika anda menjual produk yang ditujukan untuk perempuan, maka anda cenderung memilih untuk menggunakan warna-warna yang memiliki kesan feminis seperti merah muda. Sedangkan dalam demografis sesuai usia misalnya ketika anda ingin menjual produk yang ditargetkan untuk usia tua, maka warna yang digunakan harus sesuai dengan segmen tersebut dan dibedakan dengan segmen usia muda.
3. Menggambarkan citra perusahaan
Tidak hanya berpengaruh terhadap produk, namun penggunaan warna pun berpengaruh terhadap citra perusahaan terutama dalam hal budaya dan layanan. Banyak orang yang lebih mempercayai dan memahami informasi berbentuk nonverbal dibandingkan dengan isyarat verbal. Lebih lanjut, penggunaan warna yang tepat juga dapat berguna untuk mengkomunikasikan konsep-konsep abstrak, seperti kepercayaan dan kegembiraan. Selain digunakan sebagai bentuk visual produk, psikologi warna dalam pemasaran juga menjadi faktor penting dalam tampilan visual logo maupun situs website perusahaan.
Setiap warna memiliki dampak psikologis yang berbeda serta panjang gelombang energi yang berbeda pula. Meskipun dalam dunia bisnis pemilihan warna menjadi salah satu tugas dari desainer produk, namun psikologi warna juga perlu dipelajari oleh semua pelaku bisnis. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna yang tepat pada materi branding, pemasaran, logo serta identitas perusahaan maka akan berdampak terhadap stabilitas serta peningkatan penjualan. Oleh sebab itu, agar tidak salah dalam memilih warna untuk kemasan produk anda, sebaiknya anda mempelajari psikologi warna terlebih dahulu.Masih bingung dengan desain warna terbaik untuk kemasan produk anda? Tenang anda tidak perlu khawatir! Konsultasikan segera kebutuhan kemasan anda dengan FANFEIF sebagai penyedia packaging custom box yang terpercaya. Untuk solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan anda dengan kemasan yang berkualitas:
PT. FANFEIF
ANAK NUSANTARA KARTON
Jl. Mawar RT/RW 003,006
Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya
Bekasi, Indonesia
Telephone:
(021) 8262 6715
0821 1202 0122
Email: fanfeifkarton@yahoo.com
Tidak hanya menjadikan produkmu sebagai ikon, kami juga akan memberikan kesan terbaik bagi kemasan produk anda.
Sumber:
1. Epsikologi: Psikologi Warna: Pengertian, Teori dan Manfaatnya Untuk Bisnis.
2. Jurnal ID: Ketahui Lebih Dalam Tentang Psikologi Warna pada Branding.