Kemasan Juga Punya Etika

Saat kita ingin membeli sebuah produk, yang pertama kali dilihat tentu adalah kemasan atau covernya. Kemasan merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran suatu produk. Tanpa pengemas, produk-produk tidak mungkin dapat menyebar bebas dan mudah untuk di pasarkan.

Kemasan adalah suatu benda yang digunakan untuk melindungi bahan supaya terhindar dari kerusakan dan pengaruh luar. Usaha ini dilakukan untuk melindungi bahan supaya manfaat bahan tersebut masih berfungsi sehingga menguntungkan bagi produsen maupun konsumennya. Contohnya dalam produk pangan, makanan atau minuman selalu dikemas sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan agar makanan itu dapat terjaga dan sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik.

Banyak dari mereka yang memiliki sebuah produk,  berpikir jika membuat kemasan produk sangatlah mudah. Padahal tidak semudah yang dipikirkan, karena ada etika atau aturan yang berlaku dan perlu dipatuhi oleh para pelaku usaha dalam membuat kemasan produk di jasa pembuatan desain kemasan. Misalkan dalam menentukan sebuah gambar atau logo. Terutama bagi para pelaku bisnis yang umumnya pengusaha kecil,  mayoritas masih berpikir secara tradisional, dan tidak terlalu memikirkan kemasan yang komersil.

Dimana mereka hanya mengandalkan jenis produk yang dijual dengan kemasan pembungkus biasa, contoh umumnya adalah dari plastik. Padahal jika para pengusaha kecil tersebut sadar bahwa kemasan yang baik, dapat mendatangkan nilai lebih dari produk yang mereka jual.  

Dalam menentukan kebijakan dalam pengemasan suatu produk produsen hendaknya memperhatikan etika pemasaran McCharty (1993:199-202) yaitu dengan membuat kemasan yang dapat di pertanggung jawabkan secara sosial, misalnya dengan membuat kemasan yang dapat didaur ulang atau kemasan yang dapat dipakai kembali sehingga tidak merusak lingkungan. Selain itu,  produsen dalam kemasannya juga harus mencantumkan tanggal kadaluwarsa produknya, agar konsumen tidak di rugikan oleh barang-barang yang tidak ia perlukan dan berbahaya bagi mereka , serta perlu di cantumkan tentang informasi harga barang tersebut pada konsumen produk tersebut.

Para pelaku bisnis kini banyak berlomba-lomba untuk menarik konsumen melalui kemasan suatu produk. Tetapi bukan berarti mereka dapat membuat kemasan seenaknya saja. Ada ETIKA yang perlu diketahui. Diantaranya adalah :

  1. Kemasan Sesuai Dengan Adat/Psikologi Pemasaran

Seperti  contoh gambar yang digunakan untuk kemasan produk kornet yang biasanya menggunakan kepala sapi. Gambar tersebut adalah hal biasa dan memang sesuai dengan isi dari produknya, dan dianggap tidak ada yang salah dari hal itu, tapi akan berbeda ceritanya  jika produk tersebut dipasarkan di daerah yang menyucikan atau mengeramatkan hewan sapi serperti India. Tentunya desain kemasan tersebut sebaiknya jangan menggunakan gambar kepala sapi jika ingin menjual di daerah yang menyucikan hewan tersebut.

  1. Kemudahan Membuka Kemasan Produk

Ini adalah salah satu etika pembuatan kemasan produk. Bayangkan jika Anda menemukan kemasan produk yang sulit untuk dibuka? Tentunya Anda pernah merasa kesal dan tidak ingin membeli produk tersebut lagi.  Sama hal seperti konsumen yang akan merasakannya jika kemasan produk milik kamu sulit untuk dibuka. Maka akan berpengaruh juga pada penjualannya.

  1. Kemasan Produk Sesuai Dengan Target

Jika kemasan produk untuk susu instan siap saji bagi anak-anak maka harus memiliki kemasan yang menarik dan disukai oleh mereka. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan bentuk tubuh manusia untuk kemasan produk minuman Anak. Karena tentu saja tidak cocok bagi psikologi Anak.

  1. Penggunan Produk Sesuai Sifat Produknya

Misalkan seperti  etika pembuatan kemasan produk yang keempat ini adalah kemasan minuman. Pernahkah ada berfikir mengapa para pelaku bisnis membuat kemasan produk minuman terbuat dari botol buram, kaleng, botol tembus pandang dan sebagainya? Hal ini disesuaikan dengan produk yang dijual dan tentu saja menarik minat konsumen. Misalkan produk minuman yang isinya mengandung bulir jeruk, kemasan botol tembus pandang digunakan untuk membuat konsumen dapat melihat bahwa minuman tersebut ada bulir jeruknya.

Setelah memahami penjelasan diatas, kamu tidak ingin pelanggan yang seharusnya dapat menjadi pelanggan tetap jadi pergi, hanya karena hal-hal kecil yang kurang kamu perhatikan kan? Jadi sebaiknya pahami etika-etika tersebut dengan baik, agar kamu  tidak salah memilih kemasan produk sebelum dipasarkan. So, pilih jasa pembuatan desain kemasan yang handal agar produk Anda menjadi lebih diminati konsumen. Gak perlu bingung lagi harus kemana, FANFEIF sebagai penyedia packaging custom box terpercaya dan sudah berpengalaman akan membantu agar produk kamu jadi lebih menarik.

PT. FANFEIF
ANAK NUSANTARA KARTON
Jl. Mawar RT/RW 003,006
Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya
Bekasi, Indonesia
Telephone:
(021) 8262 6715
0821 1202 0122
Email: fanfeifkarton@yahoo.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *