Saat akan mempertimbangkan semua faktor yang berperan dalam membangun bisnis, membuat logo untuk keperluan branding mungkin tidak tampak seperti prioritas utama dalam sebuah bisnis. Padahal pada kenyataannya, bisnis berusaha keras untuk meyakinkan konsumen untuk mencoba produk dan layanan mereka dan untuk terus membeli penawaran tersebut di masa depan.
Branding adalah praktik pemasaran umum yang digunakan bisnis untuk mempertahankan pelanggan. Ini melibatkan penciptaan citra atau tema perusahaan yang berbeda yang membentuk hubungan antara perusahaan dan produk dan layanan berkualitas di benak konsumen.
Sedangkan logo adalah suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. Logo memiliki 5 unsur yang harus dipenuhi, antara lain kesatuan (berhubungan), dominasi (daya tarik), irama (berkesinambungan), proporsi (enak dipandang), serta keseimbangan (sama).
Salah satu cara membangun brand perusahaan yaitu dengan menciptakan logo yang berkualitas. Karena logo merupakan sebuah representasi visual yang akan membuat produk kamu menjadi lebih unik dan menarik. Dalam bidang pemasaran, logo berfungsi untuk memperkuat iklan dalam pengenalan produk kepada masyarakat. Logo yang baik bisa mewakili produk atau perusahaan dan juga mudah diingat.
Branding menjadi cerminan brand suatu perusahaan. Itu sebabnya peran logo sangat penting untuk mendukung kemajuan suatu bisnis atau perusahaan. Logo ibarat sebuah magnet yang bisa menarik semua benda-benda yang berada di sekitarnya. Dalam kegiatan branding, maka logo berperan penting untuk mencerminkan kualitas jasa atau produk yang dipasarkan.
Logo bisa diibaratkan sebagai suatu pengakuan dari sebuah merek usaha kamu. Logo berkualitas mampu menarik minat masyarakat untuk lebih cepat dalam mengakui sebuah jasa atau produk dari bisnis yang kamu jalankan. Jadi pada intinya melakukan sebuah branding bukan masalah yang mudah. Dibutuhkan keuletan dan kesabaran dalam menjalani prosesnya. Terkadang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan bahkan sampai tahunan agar merek usahamu bisa diterima oleh masyarakat luas.
Kegiatan branding dapat kamu lakukan dengan metode pemasaran melalui media iklan atau melakukan sosialisasi secara langsung di lingkungan masyarakat. Hal itu tentunya harus diimbangi dengan suatu peningkatan kualitas jasa maupun produk.
Ada beberapa manfaat logo dalam sebuah branding, yaitu yang pertama membuat brand lebih mudah dikenal. Memiliki merek atau brand sendiri tentunya akan membuat produk yang kamu pasarkan menjadi lebih mudah dikenal masyarakat luas. Dengan membuat brand suatu produk maka dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada produk yang dipasarkan.
Kemudian yang kedua mampu membedakan jenis produk. Dalam suatu usaha, ciri khas produk menjadi hal penting untuk dilakukan karena untuk membedakan antara produk kamu dengan brand lain. Keunikan ini yang mampu mempengaruhi konsumen agar lebih tertarik membeli produk yang kamu pasarkan. Selain itu, masyarakat juga akan lebih mudah mengingat jasa atau produk dari brand yang kamu miliki.
Manfaat yang ketiga adalah untuk memengaruhi psikologi pelanggan. Secara tidak langsung bahwa branding mampu memberikan banyak manfaat, termasuk dalam memengaruhi psikologi calon konsumen. Brand yang kamu tawarkan ke konsumen dengan perlahan akan memengaruhi mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari brand tersebut.
Sehingga itulah sebabnya, kebanyakan orang lebih memilih jenis produk atau jasa yang sudah bermerek. Karena masyarakat percaya bahwa suatu jasa atau produk dengan merek terkenal sudah pasti memiliki kualitas yang unggul.
Ada beberapa aspek yang masuk ke dalam desain logo, memiliki lima karakteristik utama, tidak peduli perbedaan yang membuatnya unik.
1. Sederhana
Kesederhanaan adalah bahan utama logo karena sebagian besar konsumen hanya fokus pada logo untuk waktu yang singkat. Desain sederhana dapat mengekspresikan kepribadian merek Anda secara ringkas dan efektif. Logo sederhana berfokus pada menyoroti bagian terpenting dari kepribadian merek dengan medium yang terbatas. Ini termasuk lebih fokus pada aspek seperti warna dan font serta menyaring ide ke dalam bentuk yang paling sederhana.
2. Relevan
Kualitas pertama yang dimiliki logo hebat adalah bahwa logo tersebut relevan dengan pasar yang ditargetkan perusahaan mereka. Lebih penting lagi, mereka mengkomunikasikan dengan jelas kepribadian dan identitas merek.
3. Mudah Diingat
Ketika konsumen dapat dengan mudah mengingat logo dan merek, mereka akan cenderung menghubungkannya dengan perusahaan kamu. Logo yang mudah diingat dan menghasilkan pengaruh yang kuat sangat berharga karena membantu merek kamu selalu terlihat menonjol dari kemasannya.
4. Abadi
Logo terbaik menonjol dari kemasannya karena tetap relevan dan efektif selama bertahun-tahun. Kamu selalu tergoda saat mendesain logo yang menggabungkan tren dan mode desain terkini, tetapi itu tidak selalu menjadi keputusan terbaik. Logo-logo ini mungkin terlihat bagus sekarang, tetapi mungkin perlu didesain ulang nanti untuk menjaganya tetap mutakhir.
5. Serbaguna
Logo yang bagus dapat digunakan dalam berbagai cara, bentuk, dan situasi. Di sisi lain, memilih logo yang dapat diubah ukurannya, dicetak, atau ditempatkan pada media yang berbeda membuat merek kamu lebih terlihat secara signifikan. Bahkan logo dengan tampilan terbaik belum tentu bagus jika menjadi tidak terbaca atau tidak dapat dikenali, saat kamu menyusutkannya untuk dikemas atau terdistorsi saat diletakkannya di papan iklan.
Itulah beberapa peran penting sebuah logo yang berfungsi untuk meningkatkan brand sebuah bisnis atau perusahaan agar lebih mudah dikenal banyak orang. Dengan membangun brand dan menciptakan logo berkualitas, maka akan membuat nama perusahaan atau produk kamu menjadi lebih terkenal.
Selain logo, kemasan dari brand yang kamu punya pun tetap harus diperhatikan, ya. Jangan lupa untuk menggunakan material yang ramah lingkungan dan yang menarik. FANFEIF sebagai penyedia packaging custom box terpercaya dan sudah berpengalaman, tentu akan membantu untuk menemukan ide-ide kreatif sesuai dengan keinginan kamu.
PT. FANFEIF
ANAK NUSANTARA KARTON
Jl. Mawar RT/RW 003,006
Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya
Bekasi, Indonesia
Telephone:
(021) 8262 6715
0821 1202 0122
Email: fanfeifkarton@yahoo.com
Sumber :
- Wikipedia : Logo
- Accurate.id : Pentingnya Logo dalam Proses Branding Bisnis yang Sukses
- Gosocial.co.id : Pentingnya Logo dalam Bisnis Anda
- Dreambox.id : Peran Pentingnya Logo