Kemasan Modern

Dewasa ini masyarakat sudah mulai meninggalkan pembungkus makanan yang berbahan alami seperti daun pisang dan daun kelapa. Padahal pembungkus makanan yang alami sangat bagus  dan aman untuk makanan. Kita tak perlu kuatir akan zat yang terdapat didalamnya yang akan mengancam kesehatan kita. Dikarenakan semakin sulitnya mencari kemasan yang alami, maka sebuah inovasi baru hadir yaitu kemasan makanan kertas. Ini merupakan salah satu kemasan makanan modern yang aman untuk makanan. 

Kemasan modern yang selama ini kita gunakan rupanya tidak terbatas pada fungsi utama sebagai alat yang menjaga produk. Lebih daripada itu, kemasan rupanya memiliki nilai lebih yang bisa berfungsi sebagai alat untuk mendukung branding produkmu. Keberadaan kemasan telah mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Dari sebuah kemasan yang hanya menjadi alat pengaman produk, kini kemasan juga berpengaruh terhadap kredibilitas dan penilaian di mata konsumen.

Beberapa tahun lalu, sebuah produk dikemas hanya dalam sebuah  plastik transparan yang kemudian disegel dengan penyegelan tradisional. Produk tersebut kemudian hanya dipasarkan untuk warung-warung terdekat. Padahal, produk tadi memiliki potensi yang besar untuk dipasarkan di market yang lebih luas lagi.Dalam berbagai industri, bahan kemasan akan sangat berpengaruh terhadap banyak hal. Namun, tahukah kamu jika bahan plastik pada kemasan menjadi salah satu bahan yang cocok digunakan di hampir banyak produk. Mulai dari produk bubuk, padat, cair, dari yang bisa dikonsumsi hingga tidak untuk konsumsi.

Oleh karena itu tidak heran jika banyak produk yang menggunakan plastik kemasan sebagai kemasan modern produknya.Saat ini sudah ada banyak sekali jaringan pemasaran yang bisa digunakan oleh banyak produsen. Mulai dari cara tradisional seperti menitipkan produk di toko atau warung terdekat. Atau mungkin juga menawarkan produk ke kerabat terdekat. Cara pemasaran melalui media daring juga cukup menarik. Banyaknya marketplace yang bisa digunakan oleh para produsen masa kini juga menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan.

Lantas keberadaan kemasan untuk identitas produkmu menjadi sangat penting. Ketika konsumen mengetik kata kunci produk yang mereka  cari di sebuah marketplace, produkmu yang sudah memiliki identitas bisa saja mendapat perhatian lebih. Kredibilitas produkmu lantas juga meningkat karena kamu mencantumkan informasi yang jelas di kemasan. Karena kamu sudah mencantumkan informasi dan identitas dengan jelas pada kemasan, konsumen tidak perlu lagi kesulitan mengingat nama produk. Bahkan identitas yang ada pada kemasan bisa menjadi ikon atau ciri khas untuk produk.

Kemasan makanan modern berbahan dasar kertas food grade memiliki beberapa keunggulan diantaranya tahan air dan minyak sehingga kita tak perlu menambahkan plastik atau media lainnya. Dari beberapa keunggulan yang telah dimiliki, kemasan kertas juga lebih bersih dan aman digunakan dari pada berbahan plastik atau sterofoam. Inilah alasan yang mendasar mengapa kemasan makanan lebih banyak menggunakan kertas. Penggunaan kemasan makanan kertas sangat dianjurkan sebagai pengganti strofoam dan plastik.

Seperti kita ketahui, satu produk sampah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penguraiannya. Berbeda dengan kertas, dengan bantuan air hujan dan kondisi lingkungan maupun cuaca kertas dapat dengan mudah hancur hanya dalam hitugan hari. Selain ramah lingkungan, kemasan kertas lebih murah dan mudah di daur ulang kembali ke produk lainnya. Namun begitu, akan lebih baik lagi jika kita manfaatkan kembali kertas-kertas bekas makanan yang kita beli. Kita bisa menjualnya kembali Karena bahan dasar pembuatan kertas memang cukup sulit didapatkan.

Packaging foodgrade atau kemasan makanan bukan hanya sebagai pelindung makanan saja. Namun juga harus memberikan pesan yang jelas mengenai fitur dan keunggulan, serta manfaat produk dengan satu cara yang sangat mudah. Melalui kemasan kertas food grade ini, produk makanan yang kita pasarkan akan mudah di ingat oleh para konsumen. Karena kemasan makan yang di desain dengan cantik merupakan solusi yang tepat dalam mediasi iklan makanan anda.

Selain bahan dalam mediasi iklan untuk produk makanan dalan usaha kuliner, kemasan food grade juga bisa kita gunakan sehari-hari untuk keperluan pribadi. Karena kemasan ini tersedia dimana saja dan juga dijual secara komersial. Identitas produk bisa dibangun di manapun. Melalui media iklan, sosial media, media massa, hingga di sebuah kemasan. Pada sebuah kemasan, kamu bisa membangun identitas yang akan membuat produkmu dikenali dengan mudah. Kamu bisa memberikan tambahan gambar mascot di kemasanmu, menjadikannya sebagai identitas kuat yang bisa menjadi ciri khas produkmu.

Kemasan modern memungkinkan kamu untuk melakukan ini semua karena teknik digital printing yang memudahkan kamu untuk mengeksplorasi banyak hal untuk membuat identitas yang menarik. Kamu juga bisa bermain pada penggunaan warna yang ada pada kemasan untuk membangun identitas lebih lanjut. Penggunaan warna yang konsisten dalam jangka waktu tertentu bisa membuat konsumen mengingat produk dengan mudah. Kemudian informasi yang membantu konsumen pun menjadi salah satu  cara yang bisa kamu gunakan untuk membangun branding. Hal ini mungkin tidak akan terkait secara langsung, namun informasi yang diberikan bisa membantumu membangun rasa kepecayaan konsumen. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian lebih untuk produsen. 

Selain itu, jika produkmu makanan, usahakan untuk  memberikan keterangan terkait komposisi dan cara memasak atau mengonsumsi produk. Informasi pada produk tersebut akan membuat konsumen mengenali produkmu lebih jelas. Hal ini juga menguangi risiko kesalahan yang mungkin terjadi, misalnya jika podukmu mengandung bahan alergen tertentu, konsumen yang ternyata memiliki alergi tesebut bisa langsung mengetahuinya.

Kemasan modern juga memungkinkan kamu untuk menjadi kemasan limited edition. Hal yang satu ini mungkin sering tidak terpikikan oleh banyak podusen. Padahal kemasan limited edition bisa membuat produkmu nampak lebih menarik dan eksklusif. Kamu bisa menggunakan cara ini jika kamu mengeluarkan edisi terbatas untuk produkmu. Menggunakan kemasan limited edition untuk produk terbatas memang menjadi salah satu  trend yang sedang marak belakangan ini.

Beberapa produk dari brand ternama bahkan juga mengikuti cara ini untuk menarik perhatian konsumen mereka. Jika brand kamu sudah cukup berkembang, kamu bisa banget pakai cara ini. Banyak keunggulan dan nilai lebih yang bisa kamu manfaatkan dari penggunaan kemasan modern. Jika saat ini kamu masih menggunakan kemasan konvensional plastik transparan yang ditempel stiker, sekarang saatnya kamu ganti kemasan lama ke kemasan yang lebih modern.

Untuk kamu yang baru akan memasuki dunia bisnis, mulai membangun produk yang jelas dengan menggunakan kemasan modern sejak awal adalah langkah tepat yang harus dilakukan. Produk baru mungkin harus memupuk branding lebih daripada produk yang sudah berdiri lama, tapi dengan kemasan modern hal tersebut akan membantumu membangun branding yang baik.

Konsultasikan kebutuhan kemasan produkmu ke FANFEIF sebagai penyedia packaging custom box terpercaya dan sudah berpengalaman, yang akan membantu kamu untuk menemukan ide-ide kreatif mengenai kemasan modern sesuai dengan keinginan dari produk milik kamu.

PT. FANFEIF

ANAK NUSANTARA KARTON

Jl. Mawar RT/RW 003,006

Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya

Bekasi, Indonesia

Telephone:

(021) 8262 6715

0821 1202 0122

Email: fanfeifkarton@yahoo.com

Sumber :

1. Flexypack.com : kemasan modern bikin branding jadi lebih efektif

2. Wirapax.com : mengenal sifat material dan perkembangan kemasan modern

3. Packaging.co.id : kemasan makanan modern

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *