Kalimat “Don’t judge a book by its cover” mungkin tidak berlaku bagi sebuah kemasan produk. Sebab, desain pada kemasan menjadi salah satu hal terpenting jika produk Anda ingin lebih berkembang. Desain kemasan kini bukanlah sekedar menjadi bungkus atau pelindung dari sebuah produk saja, tetapi juga sebagai sarana untuk mempromosikan produk.
Dahulu, kemasan hanya digunakan sebagai suatu wadah yang melindungi barang atau produk terutama saat perjalanan jauh. Bahan kemasan yang digunakan biasanya terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kulit, kayu, kain, batu, keramik, dan kaca. Tidak hanya bahan kemasannya yang sangat terbatas, namun model kemasannya pun masih sangat sederhana.
Perubahan bahan serta desain kemasan mulai terjadi secara signifikan ketika memasuki zaman industri, di mana persaingan produk semakin tinggi sehingga memerlukan diversifikasi produk untuk keperluan promosi penjualan. Kemasan pun dijadikan alat untuk menarik hati konsumen dalam pemilihan produk. Hal inilah yang kemudian membuat para produsen berlomba-lomba menciptakan kemasan yang berbeda agar produk mereka dapat lebih mudah diingat oleh masyarakat.
Kemasan akan dinilai berhasil apabila dapat membujuk pembeli dan mewakili keseluruhan konsep yang ingin ditampilkan oleh produsen. Maka tak heran, desain kemasan pun menjadi cerminan dari brand image produk yang dijual dan salah satu strategi perusahaan untuk bersaing dalam dunia bisnis. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengetahuan yang baik untuk mendesain sebuah kemasan, mulai dari pemilihan bahan dasar, grafik, warna, jenis font, bentuk, dan semua elemen desain grafis yang tertera pada bagian kemasan, segalanya harus dipertimbangkan dengan sangat cermat.
Sebelum memutuskan untuk membuat desain kemasan yang diinginkan, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu prinsip-prinsip desain kemasan. Seperti yang terdapat dalam artikel “6 Rules for Packaging Design That will Shine on The Shelf”, untuk membuat visual kemasan yang menarik minat beli pelanggan, terdapat beberapa aturan yang harus dipahami, yaitu sebagai berikut:
1. Clarity and Simplicity
Menurut prinsip Clarity and Simplicity, kemasan yang baik adalah yang memiliki bentuk serta desain sederhana dan jelas, tetapi tetap memiliki ciri khas. Baik dari segi warna, bentuk, maupun tipografinya. Kesederhanaan dinilai penting, sebab produsen hanya memiliki waktu 4 detik untuk menarik perhatian pembeli pada produknya. Waktu tersebut merupakan waktu rata-rata yang digunakan konsumen untuk tertarik atau memilih suatu produk tertentu di dalam rak. Selain itu, informasi yang tercantum di dalam kemasan pun harus jelas agar konsumen mengetahui dengan baik produk yang akan dibelinya.
2. Honesty
Honesty atau kejujuran juga merupakan suatu prinsip dalam membuat desain kemasan. Tidak salah menampilkan gambar produk pada kemasan terlihat lebih baik berkali-kali lipat, tetapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan sehingga membuatnya berbeda daripada produk yang sebenarnya. Hal ini akan berdampak buruk kepada penilaian konsumen dan citra dari merek produk tersebut. Bukannya malah membuat produk Anda laris, tetapi akhirnya malah mengecewakan konsumen Anda.
3. Authenticity
Dalam membentuk sebuah identitas produk, orisinalitas menjadi hal yang sangat penting. Usahakan produk Anda memiliki ciri khas sehingga akan menumbuhkan daya ingat pembeli. Namun, bagaimana caranya membangun ciri khas? Tentunya hal ini bergantung pada kreativitas dan kemampuan eksplorasi dari desainer. Ciri khas dapat dibangun dengan menciptakan sesuatu yang baru dan dapat juga dengan memodifikasi desain yang sudah ada melalui teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).
4. Shelf Impact
Untuk mendesain sebuah kemasan tentunya kita harus dapat melihat dari sudut pandang pembeli. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk para desainer dalam membuat desain produknya unik dan berbeda dari yang lain, terutama ketika produk tersebut disusun di rak bersama dengan produk-produk pesaing. Untuk mengujinya, coba letakkan desain kemasan Anda di antara produk lainnya, kemudian lihatlah apakah pembeli akan datang dan tertarik dengan produk Anda atau tidak.
5. Extensibility
Sebuah desain kemasan harus fleksibel sehingga memungkinkan jika digunakan untuk variasi produk baru. Jangan sampai pengembangan produk terkendala akibat dari desain kemasan yang terlalu kaku. Contohnya, ketika produsen A membuat kemasan untuk minuman rasa anggur, maka harus disiapkan pula apabila nantinya akan mengeluarkan rasa baru seperti jeruk atau apel. Di sinilah pentingnya desain kemasan produk harus dapat digunakan untuk jangka panjang.
6. Practically
Tidak hanya harus memiliki desain label yang menarik, tetapi bentuk, ukuran, dan fungsi dari kemasan juga harus memiliki sifat yang praktis. Percaya atau tidak, semakin praktis bentuk kemasan produk, maka semakin banyak pula jumlah penjualan yang didapat. Selain praktis, desain kemasan juga harus dibuat agar lebih mudah digunakan, dibawa, dan disimpan. Konsumen tentunya akan lebih memilih produk yang praktis sehingga tidak merepotkan saat mereka membelinya. Ini juga menjadi tantangan di era belanja online saat ini, di mana desain kemasan harus bisa mengakomodasi ketika sebuah produk harus dikirim melalui jasa ekspedisi.
Nah itulah tadi 6 prinsip desain kemasan yang perlu diketahui, terutama oleh para produsen yang ingin membuat kemasan untuk produknya. Bagi sebuah produk, kemasan mungkin bukan segalanya karena yang paling penting adalah kualitas produk itu sendiri. Namun, produk yang bagus tanpa kemasan yang baik, menarik, dan berkualitas juga amat disayangkan, karena bisa jadi peluang berkembangnya produk tersebut dapat terhambat.
Mengapa sebuah kemasan dari sebuah produk itu penting? Karena kemasan menjadi kesan pertama dari sebuah produk yang akan diterima oleh konsumen. Bahkan dari sebuah kemasan, anda dapat membuat konsumen menjadi pelanggan setia dari produk Anda. Ingin membuat kesan terbaik untuk produk Anda? Konsultasikan segera kebutuhan carton box Anda dengan FANFEIF sebagai penyedia packaging custom box yang terpercaya. Untuk solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan Anda dengan kemasan yang berkualitas:
PT. FANFEIF
ANAK NUSANTARA KARTON
Jl. Mawar RT/RW 003,006
Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya
Bekasi, Indonesia
Telephone:
(021) 8262 6715
0821 1202 0122
Email: fanfeifkarton@yahoo.com
Tidak hanya menjadikan produkmu sebagai ikon, kami juga akan memberikan kesan terbaik bagi kemasan produk Anda.
Sumber:
1. Kreativv: Mengenal Dasar-Dasar Desain Kemasan.
2. Jejakonline: Lagi Mikirin Desain Kemasan? Jangan Lupa 6 Prinsip Ini.
3. Anzdoc: Pencitraan Desain Kemasan Oleh-Oleh Jepang.