Copywriting dan Manfaatnya Dalam Membangun Bisnis

Apakah kalian pernah mendengar istilah copywriting? Bagi Anda yang hobi menulis, mungkin istilah satu ini sudah tidak asing lagi. Copywriting adalah teknik atau cara membuat materi pemasaran yang dapat membujuk audiens untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Dalam dunia bisnis, copywriting digunakan sebagai teknik untuk memasarkan suatu produk atau jasa melalui tulisan dengan tujuan meningkatkan penjualan (conversion).

Tidak hanya menarik konsumen, melalui copywriting, perusahaan atau produsen juga bisa memperkuat branding dengan cara yang lebih halus. Orang yang bertugas untuk membuat tulisan-tulisan menarik dengan teknik copywriting ini disebut dengan copywriter. Penulis atau copywriter pun tidak bisa sembarang menulis, sebab dibutuhkan kreativitas dalam menyusun copywriting agar target audiens bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Kemampuan atau skill copywriting mencakup kemampuan membuat teks yang ‘persuasif’ dengan maksud menawarkan value suatu bisnis supaya target konsumen tergerak. Selain kemampuan dalam penulisan yang kreatif dan persuasif, secara umum seorang copywriter juga harus menguasai ilmu tata bahasa yang benar. Sebab seorang copywriter memiliki pengaruh besar pada tingkat keberhasilan suatu bisnis, terutama dalam kegiatan pemasaran. Bahkan berdasarkan Demand Metric, konten pemasaran sangat berpengaruh terhadap biaya yang akan berat keluarkan dan dapat memangkas biaya pemasaran sebanyak 62%.

Dahulu, teknik copywriting digunakan dalam advertorial sebuah media cetak seperti majalah, koran, brosur, poster, dan lain sebagainya. Namun, pada era digital ini cakupan media untuk copywriting pun semakin meluas hingga promosi pada multimedia seperti video, podcast, dan lain-lain. Kini teknik penulisan copywriting biasa digunakan untuk iklan pada televisi, landing page, website, koran, majalah, media sosial, dan kemasan sebuah produk. Oleh sebab itulah, banyak perusahaan membutuhkan jasa seorang copywriter untuk mengembangkan brandnya. Lalu apa saja sih manfaat dari copywriting bagi sebuah produk? Berikut adalah diantaranya:

  1. Membangun Brand Awareness

Branding dapat muncul sebagai hasil dari teknik copywriting yang tepat. Dengan copywriting yang baik dan unik, Anda dapat meningkatkan popularitas brand Anda di mata para konsumen. Jadi ketika Anda mendengar jargon suatu brand, maka Anda akan langsung memikirkan nama dari brand tersebut. Mungkin Anda juga pernah membaca sesuatu pada media sosial Anda dan terus terbayang tentang konten yang dibaca, kemudian nama brand tersebut dan konten tulisannya pun terus menempel pada pikiran Anda. Jika hal ini terjadi maka teknik copywriting tersebut telah berhasil bekerja dengan baik.

Copywriting memiliki peran yang besar dalam proses membangun brand awareness. Melalui copy yang unik dan baik, para konsumen pun akan tertarik untuk membeli dan menggunakan produk dari brand Anda. Bahkan setelah itu, tidak menutup kemungkinan copy yang Anda gunakan akan menjadi ciri khas yang melekat pada produk atau brand Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena tulisan yang berisi copywriting ini berhasil membuat pembacanya tertarik, sehingga bisa menempel terus dan terngiang-ngiang di pikiran pembacanya.

  1. Mempromosikan Produk atau Jasa

Penggunaan teknik copywriting adalah salah satu cara mempromosikan produk atau jasa yang tepat, misalnya melalui website dan media sosial. Dengan menggunakan teknik copywriting yang tepat, respon customer pun akan berbeda dengan yang tidak menggunakan copywriting, walaupun produk atau jasa yang ditawarkan sama. Biasanya, copywriting berisi kalimat yang sudah dipertimbangkan isi serta efeknya bagi orang yang membaca dan mendengarnya, sehingga akhirnya mereka tertarik untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

Ketika suatu brand sudah menggunakan teknik copy yang tepat, maka Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan konsumen. Dalam hal ini, konsumen biasanya akan ‘tersihir’ dengan sendirinya melalui kata-kata atau kalimat yang unik. Selanjutnya, konsumen pun akan penasaran dan berusaha mencari informasi lebih lanjut tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  1. Mengurangi Anggaran Pemasaran

Untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa, pasti dibutuhkan sebuah anggaran. Namun, anggaran yang dikeluarkan tentunya dapat kita minimalisir dengan bantuan copywriting. Dengan adanya copywriting, pemasaran dan penulisan produk akan saling beririsan satu sama lain. Copy yang baik adalah yang memberikan penjelasan terhadap suatu hal dengan cara yang sederhana namun unik. Untuk itu Anda dapat mengkomunikasikan nilai-nilai brand Anda kepada konsumen melalui sebuah copywriting yang baik dan efektif.

  1. Meningkatkan Penjualan dan Mendapatkan Pelanggan

Manfaat lain dari copywriting bagi sebuah produk adalah dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas dari pelanggan. Komunikasi yang terjalin antara penjual dan pembeli dapat tersampaikan dengan baik karena adanya copywriting. Apabila diibaratkan, copywriting sendiri berperan sebagai salesman dalam suatu bisnis. Copywriting yang baik dan tepat berguna dalam membujuk calon konsumen agar tertarik membeli atau menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Namun, kemampuan terbesar dari copywriting adalah untuk membuat konsumen tertarik tanpa merasa dipaksa dalam penawaran, atau dinamakan dengan soft selling.

  1. Mencapai Tujuan Bisnis

Manfaat yang terakhir dari copywriting adalah menjadi media efektif untuk dapat mencapai tujuan bisnis. Melalui copywriting yang tepat, Anda bisa memperoleh engagement yang tinggi dengan konsumen, penjualan yang meningkat, serta brand yang dikenal secara luas, dan lain-lain. Maka tak heran, peran copywriting sendiri sangat penting bagi sebuah produk.

Nah itulah pengertian dari copywriting serta manfaatnya bagi sebuah produk. Saat ini hampir semua jenis bisnis pun membutuhkan teknik copywriting untuk mengembangkan usahanya, tak terkecuali bagi kemasan sebuah produk. Oleh sebab itulah, peran dari copywriting sendiri bagi sebuah bisnis tidak dapat disepelekan.

Tertarik untuk membuat kemasan namun masih bingung dengan copywriting yang baik dan unik untuk kemasan Anda? Yuk, konsultasikan segera kebutuhan Anda dengan FANFEIF sebagai penyedia kemasan yang sudah berpengalaman. Untuk solusi terpercaya dalam memenuhi kebutuhan Anda dengan kemasan yang berkualitas:

PT. FANFEIF

ANAK NUSANTARA KARTON

Jl. Mawar RT/RW 003,006

Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya

Bekasi, Indonesia

Telephone:

(021) 8262 6715

0821 1202 0122

Email: fanfeifkarton@yahoo.com    

Tidak hanya menjadikan produk anda sebagai ikon, kami juga akan memberikan kesan terbaik bagi kemasan produk anda.

Sumber:

  1. Myskill.id: Wajib Tahu! Alasan Pentingnya Copywriting dalam Dunia Marketing.
  2. Qubisa.com: Copywriting dan Manfaatnya.
  3. Hashmicro.com: Copywriting | Pengertian, Jenis, dan Tips Menjadi Copywriter Andal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *