Siapa yang sering bingung memilih dua buah produk yang memiliki jenis dan fungsi yang sama? Seringnya, kebingungan ini berakhir dengan memilih kemasan yang lebih menarik. Ternyata kebanyakan konsumen tanpa sadar membeli produk karena terpengaruh dengan kemasan dari produk tersebut, itu sebabnya kemasan dari sebuah produk begitu penting dalam pemasaran bahkan dapat sekaligus meningkatkan penjualan. Kunci utama untuk membuat sebuah desain kemasan produk yang baik adalah kemasan tersebut harus simpel atau sederhana, fungsional dan menciptakan respon emosional positif yang secara tidak langsung membujuk para konsumen untuk melakukan pembelian. Kemasan sebuah produk sudah selayaknya mencuri perhatian secara visual, emosional dan rasional. Kemasan desain yang bagus harus bisa memberikan sebuah nilai tambah terhadap produk. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dari seluruh kegiatan penginderaan manusia, 80 % adalah penginderaan melalui penglihatan. Di sinilah letak betapa vitalnya unsur-unsur grafis dari kemasan.
Seperti diketahui bahwa fungsi utama sebuah kemasan yaitu melindungi produknya. Namun, konsumen tentu bukan hanya melihat kemasan saja, tetapi kualitas produk di dalamnya harus tetap terjaga. Setelah sebuah kemasan dikatakan layak melindungi produknya, fungsi lain yang perlu diperhatikan yaitu faktor kemudahan menjadi hal penting untuk diperhatikan dalam desain kemasan, agar produk dapat dengan mudah disimpan dan dibawa kemana-mana. Ada faktor juga yang sering dilupakan oleh perusahaan dalam membuat kemasan, yaitu kemasan berfungsi sebagai sarana promosi. Kemasan yang baik adalah kemasan yang mampu mengundang konsumen untuk mengetahui lebih lanjut produk apa yang ditawarkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kemasan sebuah produk menarik sehingga bisa merebut hati konsumen yang berujung pada meningkatnya omzet penjualan.
Produk mudah dikenali
Kemasan dikatakan menarik apabila mudah dikenali. Desain kemasan yang memiliki ciri khas akan mudah ditemukan dan diingat oleh konsumen. Secara tidak sadar jika membutuhkan sebuah produk, konsumen akan memunculkan kemasan produk tersebut di dalam alam bawah sadarnya sehingga dengan mudah menemukan produk tersebut di supermarket maupun swalayan. Kemasan yang menarik juga akan menjadi pembeda dengan produk lain yang sama, sehingga calon konsumen dengan mudah menjatuhkan pilihan dibandingkan produk-produk lainnya.
Nilai Esetetika
Mempengaruhi minat pembeli menjadi sasaran utama faktor estetik ini. Produk yang dikemas dengan menarik tentu akan lebih menarik perhatian pembeli yang tanpa disadari mempengaruhi psikologi pembeli. Indah dan menarik saja tidak lagi cukup untuk mengesankan pembeli, buatlah kemasan produk yang luar biasa yang beda dari produk lainnya. Fokuskan pada nilai-nilai kreatif dalam kemasan produk sehingga membuat konsumen ingin segera berbagi pengalaman berbelanjanya ke teman-temannya yang lain. Pengalaman yang dibagikan inilah yang menuntun orang lain tertarik dan tergugah untuk membeli produk yang sama
Komunikasi dan Promo
Seperti disebutkan di atas bahwa identifikasi suatu produk sangat penting untuk membedakan dengan produk lain yang sejenis yang dihasilkan oleh produsen lain. Kemasan produk juga secara tidak langsung dapat dipakai sebagai alat komunikasi dengan konsumen, dimana kemasan tersebut menunjukkan merek, gambar dan pesan yang bersifat memberikan keterangan yang menyebabkan rasa ingin tahu, memberi petunjuk tentang penggunaan produk, komposisi bahan dari produk tersebut serta keterangan lain yang ada pada kemasan. Kemasan juga bisa dijadikan alat komunikasi seperti menampilkan fungsi sebuah produk untuk memudahkan konsumen. Dan yang terpenting kemasan sebagai sarana untuk mempromosikan produk itu sendiri.
Jika Anda membutuhkan kemasan produk yang menarik, kreatif dan inovatif, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan FANFEIF sebagai penyedia kemasan yang sudah berpengalaman. Untuk solusi terpercaya dalam memenuhi kebutuhan Anda dengan kemasan yang berkualitas:
PT FANFEIF ANAK NUSANTARA KARTON
Jl. Mawar RT/RW 003,006
Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya
Bekasi, Indonesia
Telephone:
(021) 8262 6715
0821 1202 0122Email: fanfeifkarton@yahoo.com