Kemasan produk sebagai salah satu elemen terpenting dalam transaksi bisnis ternyata memiliki beberapa jenis yang dapat dikategorikan ke dalam tiga jenis yaitu primer, sekunder dan tersier. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan dan dipaparkan mengenai nilai dan fungsi sebuah kemasan produk. Pengemasan produk menjadi hal yang penting karena kemasan memiliki dampak fisik dan psikologis. Contoh paling mudah dari dampak fisik yaitu kemasan berfungsi sebagai wadah dan pelindung. Sedangkan dari dampak psikologis karena tampilan kemasan dapat menimbulkan kesan tertentu bagi para konsumen yang akan mempengaruhi preferensi mereka terhadap produk yang dikemas. Selain sebagai wadah pelindung, kemasan juga banyak memiliki manfaat. Seperti untuk menjaga produk agar tetap terlindung dan tetap bersih terjaga dari kotoran serta kontaminasi atau membuat daya tahan produk meningkat, karena terjaga dari kerusakan fisik dan pengaruh cuaca. Kemasan produk juga bisa berfungsi untuk menyeragamkan ukuran atau bobot produk yang akan dijual. Kemasan yang baik juga mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual dengan menambah daya jual produk, konsumen diuntungkan dengan kemudahan pemakaian produk (praktis). NIlai tambah dari sebuah kemasan juga dapat menampilkan informasi produk yang dapat membantu konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Informasi tersebut dapat berupa bahan baku, berat produk dan tanggal kedaluwarsa. Untuk mengenal lebih jauh, berikut jenis-jenis berdasarkan klasifikasinya:
Kemasan Primer
Dikategorikan sebagai kemasan primer karena jenis kemasan ini adalah jenis kemasan yang bersinggungan langsung dengan produk yang berfungsi sebagai tempat dan pelindung produk. Kemasan primer harus menjadi pelindung utama dan aman bagi konsumen. Untuk itu kemasan primer tidak boleh menyebabkan reaksi apapun yang merugikan konsumen seperti perubahan warna, cita rasa, bau atau aspek lainnya.
Kemasan Sekunder
Untuk melengkapi kemasan primer dibutuhkan kemasan lain yang langsung melindungi kemasan utama. Inilah yang disebut kemasan sekunder, yaitu kemasan yang berfungsi sebagai wadah dari sejumlah kemasan primer. Beberapa contoh kemasan sekunder antara lain kotak dari kardus, tas kertas, dan kantong plastik. Kemasan tersebut berfungsi sebagai wadah dan pelindung sejumlah kemasan primer sehingga mudah dan aman untuk dibawa.
Kemasan Tersier
Kemasan tersier adalah kemasan yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung bagi kemasan sekunder dalam pengiriman produk terutama untuk jarak jauh seperti ekspor ke pasar internasional. Biasanya volume dari kemasan ini jauh lebih besar dari produknya sendiri atau dari kedua kemasan primer dan sekunder.
Untuk berbagai kebutuhan produk kemasan, konsultasikan segera kebutuhan Anda dengan FANFEIF sebagai penyedia kemasan yang sudah berpengalaman. Untuk solusi terpercaya dalam memenuhi kebutuhan Anda dengan kemasan yang berkualitas:
PT FANFEIF ANAK NUSANTARA KARTON
Jl. Mawar RT/RW 003,006
Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya
Bekasi, Indonesia
Telephone:
(021) 8262 6715
0821 1202 0122Email: fanfeifkarton@yahoo.com